8.4.09

Panduan Ujian Praktek Th. 2008/2009

A. SPEAKING SKILL

Ujian praktek speaking (berbicara) ada 2 jenis test:

I. Interview Dialogue

Indikator:

Siswa dapat merespon dan mengungkapkan bahasa lisan dengan menggunakan tindak tutur meminta dan memberi informasi/pendapat/menunjukkan perasaan.

Materi Test:

T (Teacher) - S (Student)

T : How do you feel today?

S : .................................

T : Can you describe about your family? (how many brothers & sisters, how old he/she, where he/she goes to school, what he/she is like, what your father/mother's job, and so on)

S : .................................

T : And I want to know about your routine activities at school or at home? Could you tell me, please? (what time you get up, what you do after that, what your hobby, what you usually do on Sunday, and so on)

S : .................................

T : By the way, as you know that we, the Indonesian people, have just performed the democracy party or the General Election these days? May I know, approximately, who is suitable for being as a president of Republic of Indonesia for the future? Please tell me. Why?

S : ..............................


II. Describing Picture (Map)

Indikator:

Siswa dapat melakukan monolog sederhana dalam teks lisan berbentuk descriptive.

Materi Test:

a. Salam Pembuka

Let me introduce myself. My name is .......... class ......... Thank for this time, on this chance I would like to explain or describe about the map of Indonesia.

b. Isi Materi

Gambar 1

Peta Indonesia

  1. Jelaskan terlebih dahulu hal-hal yang umum baru kemudian menjelaskan hal-hal yang khusus.
  2. Point-point yang Anda bisa jelaskan tentang Peta Indonesi :
  • Terletak di benua/lautan/selat mana?
  • Menjelaskan pulau-pulau besar.
  • Menjelaskan letak arah kompas (utara, selatan, barat, timur).
  • Menjelaskan jumlah provinsi.
  • Menjelaskan jumlah penduduk.
  • Menjelaskan sumber daya alam, seperti: flora, fauna, hasil tambang.
  • Menjelaskan suku, seni dan budaya masyarakat setempat.
  • Menjelaskan tempat objek wisata, sejarah, dan sebagainya.

c. Salam Penutup

I think it is enough for my presentation and that's all from me. Thank you very much for your kind attention.

Kosa kata :

continent: benua, ocean : lautan, strait: selat, island : pulau, north: utara, south: selatan, west: barat, east: timur, province: provinsi, population: penduduk, natural resources: sumber daya alam, mining: pertambangan,


B. WRITING SKILL

Pilihlah salah satu dari 2 jenis test writing di bawah ini:

1. Describing Picture

Siswa membuat karangan dalam teks tulisan berbentuk descriptive. Banyaknya karangan minimal 25 - 30 baris kalimat halaman kertas folio bergaris berdasarkan gambar di bawah ini:

Struktur teks karangan descriptive:

  1. Identification (pengenalan objek)
  2. Description (penjelasan/deskripsi objek)


Gambar 2

Kuta Beach Bali


2. Writing bases on the topic

Siswa membuat karangan dalam teks tulisan berbentuk discussion. berdasarkan topik yang telah ditentukan. Banyaknya karangan minimal 25 - 30 baris kalimat halaman kertas folio bergaris.

Struktur teks karangan discussion:

  1. Issue (memperkenalkan masalah)
  2. Arguments Pro (pendapat pro)
  3. Arguments Contra (pendapat kontra)
  4. Conclusion (kesimpulan)
Pilih satu dari topik di bawah ini:
  • Free Education
  • National Examination as graduation requirement.
  • Air Pollution
  • Learning English in the beginning of kindergaten.
  • Traffic Jam in Jakarta.
  • Is dating alright for high school students?
  • Is internet good or bad for students?
  • The influence of TV progam for students.
  • Getting married in the young age: good or bad?
  • Should handphone be banned from sschool?

Catatan:

Setiap siswa diwajibkan membawa kamus Indonesia - Inggris saat pelaksanaan ujian praktek.

C. PEDOMAN PENSKORAN

I. Penskoran Speaking (Berbicara)

a. Interaksional

  • Merespon tindak tutur dengan tepat (skor: 5)
  • Merspon tindak tutur kadang2 terdapat kesalahan (skor: 4)
  • Sering terjadi kesalahan dalam merespon tindak tutur (skor: 3)
  • Tidak mampu merespon tindak tutur sederhana (skor: 2)
  • Memproduksi kata2 yang tidak berbentuk teks (skor: 1)

b. Ucapan dan Intonasi

  • Sangat jelas dan mendekati penutur asli (skor: 5)
  • Sangat jelas walaupun dengan aksen bahasa ibu (skor: 4)
  • Kurang jelas dan mempengaruhi makna (skor: 3)
  • Tidak jelas dan menghilangkan sebagian makna (skor: 2)
  • Tidak jelas dan tidak bermakna (skor: 1)

c. Komunikasi interaktif

  • Percaya diri dan lancar serta mampu mengoreksi kesalahan (skor: 5)
  • Percaya diri meskipun ada pengulangan dan keraguan (skor: 4)
  • Lebih banyak merespon (skor: 3)
  • Sulit diajak bicara meskipun sudah dipancing (skor: 2)
  • Tidak mampu merespon dan berinisiatif (skor: 1)

II. Penskoran Writing (Menulis)

a. Ideas.

  • Tulisan berfokus pada topik dan ide2 sangat jelas (skor: 5)
  • Tulisan berfokus pada topik dan ide kurang jelas (skor: 3)
  • Materi tulisan banyak yang lepas (skor: 1)
  • Tulisan tidak terfokus pada topik (skor: 0)

b. Isi Materi

  • Tulisan dikembangkan dengan baik dan efektif (skor: 5)
  • Tulisan cukup dikembangkan minimal 1 ide yg dikembangkan (skor: 3)
  • Tulisan kurang dikembangkan dan ide tidak penuh (skor: 1)
  • Sedikit atau tidak ada keseimbangan (skor: 0)

c. Ciri Retorika

Tulisan menggunakan struktur teks dengan baik (skor: 3)

Tulisan cukup mengunakan minimal 1 struktur teks (skor: 1)

Tulisan tidak menggunakan struktur teks (skor: 0)

d. Organisasi Teks

Tulisan disusun dengan jelas dan logis (skor: 5)

Struktur organisasi teks tidak membingungkan (skor: 3)

Tulisan kurang mengarah, hubungan antar ide2 membingungkan (skor: 1)

e. Kontrol Bahasa

Tulisan menggunakan struktur dan tata bahasa yang baik (skor: 5)

Tulisan menggunakan cukup struktur dan tata bahasa (skor: 3)

Struktur dan tata bahasa tidak konsisten/mengaburkan arti (skor: 1)

Tulisan mengandug masalah yang serius dalam tata bahasa/struktur kalimat (skor: 0)

f.

1 komentar:

Momon Nurohman mengatakan...

Bagus kang,,saya ijin copas ya materinya...